Matangkan Program Sidkel dan Sidang Yandu di Kabupaten Landak

kunj landak 2 19

Foto Bersama Pimpinan PA Mempawah Bersama Sekda Kab, Landak beserta jajarannya

LANDAK | www.pa-mempawah.go.id 

Senin tanggal 11 Februari 2019 pukul 10.00 WIB bertempat di ruang Sekretaris Daerah Kabupaten Landak telah dilaksanakan rapat koordinasi tentang Sidang Keliling dan Sidang Itsbat Nikah Terpadu. Rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan pimpinan Pengadilan Agama Mempawah dengan Bupati Landak pada tanggal 21 Januari 2019 yang lalu.

Rapat dipimpin langsung oleh Vinsensius, S.Sos, MMA.,  Sekretaris Daerah Kabupaten Landak dan diikuti oleh segenap instansi terkait yaitu: Asisten pemerintahan Setda, Kepala Badan Pengelolaan dan Aset Daerah, Kepala Dinas Dukcapil, Kepala Bagian Hukum dan HAM Setda, Kepala Bidang Aset BPKAD, Camat Ngabang, Kepala Kemenag Landak dan Kepala KUA Kecamatan Ngabang.

Dalam pertemuan ini, Sekretaris Daerah menyampaikan maksud dan tujuan diadakan rapat koordinasi.

" Rapat koordinasi ini diadakan dengan maksud untuk membicarakan hal-hal teknis dalam rangka mensukseskan program Sidang Keliling dan Sidang Itsbat Nikah Terpadu oleh PA Mempawah." papar Vinsensius dengan lugas.

Lebih lanjut Sekretaris Daerah yang dilantik pada tanggal 2 Oktober 2018 itu mengatakan:

"Pemda Landak sangat menyambut positif dan akan memberikan dukungan. Karenanya, Ibu Bupati telah menginstruksikan kepada kami untuk berkoordinasi dengan PA Mempawah guna memperjelas dukungan apa saja kiranya yang dapat diberikan oleh Pemda Kabupaten Landak kepada PA Mempawah"

kunj landak 2 19 3

Tampak Wakil Ketua PA Mempawah didampingi Hakim dan Pejabatnya berkoordinasi dengan Sekda Kab. Landak

Wakil Ketua PA Mempawah Dra. Hj. Taslimah, M.H., melalui juru bicara PA Mempawah Fajar Hernawan, S.H.I., M.E.I., menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya rapat koordinasi ini dan menilai quick response dari Pemda Kabupaten Landak merupakan salah satu bentuk keseriusan dan dukungan konkret.

" Kami akan berusaha memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan khususnya yang ada di Kabupaten Landak. Sidang Keliling yang akan kami laksanakan bukan hanya proses persidangan saja, namun mulai dari penerimaan pendaftaran perkara, proses persidangan, penyerahan salinan putusan/penetapan dan Akta Cerai, pengembalian sisa panjar biaya perkara hingga melayani konsultasi hukum bagi yang membutuhkan. Inilah yang membedakan pelaksanaan sidang keliling yang dilaksanakan oleh PA Mempawah dengan pengadilan agama lainnya." Jelas hakim yang sudah bertugas di PA Mempawah selama lebih dari 3 tahun ini.

Rapat berlangsung selama lebih kurang 2 jam dan menghasilkan beberapa poin kesepakatan, diantaranya Pemda Kabupaten Landak akan menyiapkan balai sidang yang representatif dan sarana pendukung lainnya termasuk akan mengusahakan kendaraan roda empat untuk operasional PA Mempawah.

 " Saya instruksikan kepada Bagian Aset BPKAD untuk menyiapkan sarana yang dibutuhkan dalam waktu maksimal 1 minggu kedepan sehingga diharapkan pada minggu pertama di bulan Maret 2019 Sidang Keliling sudah dapat terlaksana." pungkas Sekretaris Daerah menutup rapat.

kunj landak 2 19 2

Peninjauan Lokasi yang akan digunakan untuk pelaksanaan Sidang Keliling