Listrik Padam, Sidang Pun Buram

 

 
Foto: susana mati lampu ketika sidang

Kabar Berita || www.pa-mempawah.go.id

Mempawah -  Pagi itu, masyarakat pencari keadilan sudah rame menunggu persidangan di ruang tunggu Pengadilan Agama (PA) Mempawah. Adapun persidangan biasanya digelar tepat pukul 09.00 wib. Namun ternyata hari ini (22/2/2021) PLN mengumumkan akan ada pemeliharaan jaringan Listrik, yang mengakibatkan adanya pemadaman listrik di sekitar Komplek Al-falah, hal ini berimbas juga pada padamnya listrik Kantor Pengadilan Agama Mempawah yang berada di sekitar Komplek Al Falah.

Namun padamnya listrik tidak lantas menghentikan jalannya persidangan pada hari ini, walaupun dengan hanya menggunakan lampu emergency seadanya, persidangan tetap digelar sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Namun untuk layanan pendaftaran, nampaknya belum bisa terlayani karena Sistem Penelusuran Informasi Perkara atau SIPP tidak bisa diakses sehubungan jaringan listrik padam.

Mengenai padamnya listrik ini, seharusnya bisa diatasi dengan adanya faslilitas Genset, namun menurut Sekretaris PA Mempawah H. Idon, SHI, sampai dengan saat ini PA Mempawah belum memiliki Genset. Lebih jauh H. Idon mengemukakan, bahwa sebetulnya pihaknya sudah mengusulkan pengadaan Genset setiap tahun anggaran, namun belum kunjung dikabulkan.

sayangnya kami belum memiliki fasilitas Genset, walaupun sebetulnya sudah kami usulkan tiap tahun untuk pengadaan Genset ini supaya di anggarkan di DIPA PA Mempawah, tapi lagi-lagi permohonan kami belum dikabulkan oleh pemangku kebijakan” terang mantan Sekretrais PA Sambas ini.

Lebih jauh H. Idon mengemukakan, bahwa padamnya listrik ini sudah masuk risk register PA Mempawah yang tergolong high risk (risiko tinggi) karena dengan padamnya lampu, otomatis pelayanan menjadi terganggu karena untuk pendaftaran perkara harus menggunakan aplikasi yang berbasis internet, maka apabila listrik padam, pelayanan pun akan terhenti, terlebih di Kota Mempawah ini sering kali adanya pemadaman listrik bergilir.

Kedepan, H. Idon, SHI selaku sekretaris PA Mempawah bertekad untuk tetap mengusulkan pengadaan genset pada tahun berikutnya dan berharap supaya usulan pengadaan Genset dapat dikabulkan Mahkamah Agung supaya tidak menghambat pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan.

Mudah-mudahan untuk tahun anggaran yang akan datang, permohonan kami untuk pengadaan Genset ini bisa dikabulkan Mahkamah Agung, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa maksimal” Jelasnya ke redaktur pa-mempawah.go.id. (TRS)