Ikuti Bimtek SAKIP, PA Mempawah Siapkan SAKIP Sebagai Amanat Pertanggungjawaban Publik

WhatsApp Image 2021 02 02 at 08.27.30

KABAR BERITA || www.pa-mempawah.go.id

Jum'at (29/01/2021), bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Mempawah, Ketua, Panitera, Sekretaris, Panmud Hukum dan Kasubbag Perencanaan, TI dan Pelaporan PA Mempawah mengikuti video conference meeting Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen SAKIP ( Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ). Bimtek ini diselenggarakan oleh Bagian Perencanaan Pengadilan Tinggi Agama Pontianak bekerjasaman dengan Biro Perencanaan Mahkamah Agung RI.

Pada Pembukaan, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Dr. Drs. H. Firdaus M. Arwan, SH.,MH mengharapkan semua satker yang berada di wilayah PTA Pontianak dapat mengikuti Bimtek ini dengan serius agar dapat menyajikan laporan SAKIP dengan baik.

Narasumber pada pembimbingan SAKIP dari Biro Perencanaan dan Organisasi BUA MAhkamah Agung RI Didik Purwanto, S.H., M.M. Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan, Yus Natin, S.Sos., M.M. Sebagai Kepala Sub Bagian Pelaporan dan Rizky serta Rina Pegawai pada Biro Perencanaan dan Organisasi.

sakip

Didik Purwanto pada pemaparanya menyampaiakan bahwa SAKIP merupakan instrumen yang digunakan instansi pemerintah dalam memenuhi kewajiban untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan misi organisasi, terdiri dari berbagai komponen yang merupakan satu kesatuan, yaitu perencanaan strategis, perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, dan pelaporan kinerja. Kemudian dilanjutkan dengan cara penyusunan dokumen SAKIP dengan Nara sumber Yus Natin, S.Sos., MM. Dipaparkan juga penggunaan E-SAKIP sebagai Aplikasi yang memudahkan dalam pengisian capaian kinerja yang mana harus diisi setiap bulan.

Pada kesempatan itu Kasubbag Perencanaan, TI dan Pelaporan, Hesti Yanuarti, ST sempat memaparkan beberapa kendala yang dihadapi dalam pengisian E-SAKIP tersebut terutama dalam pengisian capaian kinerja yang mana pada Tahun 2020, PA Mempawah dalam pelaksanaannya tidak terdapat perkara Banding, Kasasi maupun PK. Dengan mengikuti Bimtek ini diharapakan PA Mempawah dapat menyajikan Dokumen SAKIP yang dapat dipertanggungjawabkan kepada Publik. (Hesti)

WhatsApp Image 2021 02 02 at 08.27.301