Akses KTP Lewat HP

Dukcapil 2

(17/01/2023) | ww.pa-mempawah.go.id

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mempawah mengadakan kegiatan sosialisasi pembuatan KTP digital melalui aplikasi Indentitas Kependudukan Digital yang dibuat oleh Kementerian Dalam Negeri. Kegiatan sosialisasi ini dipimpin oleh Iwan Setiawan, S. Kom. selaku perwakilan dari Dukcapil yang didampingi oleh dua orang operator. Pada kesempatan ini para pegawai Pengadilan Agama Mempawah Kelas IB juga membuat Identitas Kependudukan Digital yang dipandu oleh operator dari Dukcapil. Sebagian besar pegawai berhasil membuat kartu identitas kependudukan digital yang mana ini akan memudahkan dalam mengakses data kependudukan dan data lain seperti NPWP, data Kesehatan, data Sosial.

Dalam kegiatan ini Iwan Setiawan, S. Kom. selaku pejabat fungsional pada Sistem Informasi Administrasi Kependudukan menyebutkan,“Aplikasi ini baru launching pada tahun 2020 oleh Kementerian Dalam Negeri. Aplikasi ini akan memudahkan masyarakat dalam mengurus data kependudukan”.

Dukcapil 3

Dalam sambutannya Iwan Setiawan, S. Kom juga menyampaikan bahwa “Dengan adanya aplikasi ini Pemerintah bisa menghemat anggaran dan tidak lagi memerlukan banyak blangko untuk penerbitan KTP”.

Kegiatan ini diikuti dengan sangat antusias oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Mempawah Kelas IB. mengingat kegiatan ini akan memudahkan pegawai dalam mengelola dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, dan NPWP jika sudah terintegrasi dengan KTP. (Pgr)