Bersama Forkopimda, Ketua PA Mempawah Kelas 1B Saprahan Bersama Di Kuala Mempawah

Saprahan2 4

KABAR BERITA | www.pa-mempawah.go.id

(21/09/2022) Puncak kegiatan acara robo’-robo’ di Mempawah, Kalimantan Barat, dimulai pukul 10.30 WIB hari ini. Para pejabat termasuk Hj. Erlina, S.H., M.H. (Bupati Mempawah), Ketua Pengadilan Agama Mempawah Kelas 1B, Yopie Azbandi Aziz, S.Ag., M.H., jajaran Forkopimda, Pimpinan Instansi maupun BUMN/BUMD, Tokoh Agama, Tokoh Adat, serta ribuan masyarakat lainnya berkumpul di Pelabuhan Regional Kuala Mempawah, Kelurahan Pasir Wan Salim, Kecamatan Mempawah Timur. Di tempat ini diadakan ritual “buang-buang”, semacam tolak bala, yang dipimpin oleh Raja Mempawah yakni Dr. Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim yang bergelar Pangeran Ratu Mulawangsa. Sebelumnya beberapa hari ini cuaca di Mempawah selalu diselimuti hujan, namun alhamdulillah pada hari ini cuaca sangat cerah sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

Selain acara tolak bala, ada juga acara napak tilas, mengingat leluhur yakni Raja Mempawah pertama Opu Daeng Manambon, datang pertama kali ke Mempawah, Bumi Galaherang. Pejabat dan masyarakat sekitar Kuala merayakan dengan Saprahan yakni makan bersama. Selama hampir satu bulan, di tempat ini juga akan diadakan banyak acara mulai dari konser music, bazar, kegiatan olahraga, dan lainnya.

Saprahan2 2

Bertemakan “Dengan Festival Budaya Robo’-robo’, kita lestarikan nilai tradisi dan budaya lokal Kabupaten Mempawah yang bermarwah.” Bupati Mempawah mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak termasuk panitia dan semua yang membantu serta menghadiri acara ini. Ketua Pengadilan Agama Mempawah Kelas 1B sendiri sangat mengapresiasi acara ini dengan turut hadir, beserta istri, agar terjalin silaturahmi yang baik dengan Forkopimda serta berbagai stakeholder.

(DwiArta)

Saprahan2 1