Saprahan Bersama Di Kantor Pengadilan Agama Mempawah Kelas 1B

Saprahan 3

KABAR BERITA | www.pa-mempawah.go.id

(21/09/2022) Hari ini kegiatan Robo-robo sudah dimulai, di PA Mempawah Kelas 1B sendiri pada pagi hari, semua pegawai beserta pimpinan makan secara saprahan di aula kantor. Saprahan yakni sebuah tradisi berupa jamuan makan yang melibatkan banyak orang serta duduk dalam satu barisan, saling berhadapan, bersama-sama. Hal itu menunjukkan filosofi kita semua sama rata, berdiri sama tinggi, duduk sama rendah.  Bupati Mempawah, Kalimantan Barat, yakni Hj. Erlina, S.H., M.H. juga menghimbau agar seluruh PNS/Karyawan/Karyawati pada hari ini menggunakan pakaian Telok Belanga dan Baju Kurung pada jam kerja, sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan Robo-robo tahun 2022 ini.

Saprahan 6

Pembawa acara yaitu Khairunnisa, S.Ag. menyampaikan bahwa sejarah robo-robo berawal ketika Opu Daeng Manambon datang ke Mempawah pada tahun 1148 Hijriyah atau 1737 Masehi. Bersama rombongannya, Opu Daeng Manambon disambut gembira oleh warga sekitar di Kuala Mempawah dan lantas makan bersama di pinggiran sungai. Dan sekarang, hari itu diperingati setiap Rabu terakhir di bulan Safar.

Saprahan 1

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Mempawah Kelas 1B yakni Yopie Azbandi Aziz, S.Ag., M.H. mengatakan bahwa acara ini merupakan kearifan lokal yang harus kita jaga, seperti kata pepatah dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. “Sejarah robo-robo juga mengingatkan saya tentang peristiwa dimana Nabi Muhammad SAW. disambut dengan hangat oleh kaum Anshar di Madinah, dan bersama-sama melanjutkan perjuangan serta syiar,” Ujar Ketua.

Sebelum makan bersama, Suriadi, S.H.I., M.E. memimpin do’a agar apa yang kita makan menjadi berkah dan selalu bersyukur atas nikmat dan rezeki yang diberikan Allah Swt. Semua pegawai dan pimpinan pun sangat berantusias untuk menikmati makanan yang tersaji mulai dari ketupat beras, pulut, sambal teri, opor ayam dan kentang dan lain sebagainya. Setelah makan secara saprahan, seluruh aparatur Pengadilan Agama Mempawah Kelas 1B melanjutkan sesi berfoto bersama.

(DwiArta)

Saprahan 4