Pengadilan Agama Mempawah Hadiri Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis Pengadilan Agama Se Kalimantan Barat

KABAR BERITA || www.pa-mempawah.go.id

PONTIANAK - Selasa(16/11/2021) bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Ketua PTA Pontianak DR. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Yustisial Hakim, Kepaniteraan dan Kesekretariatan. Kegiatan Rakor dan Bimtek ini akan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 16 s/d 19 November 2021.

Kegiatan dibuka dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an Oleh Sekretaris PA Sambas Abdul Ghoni, S.Ag.,S.H.I. Dalam laporan panitia pelaksana Rakor dan Bimtek oleh Ketua Panitia Drs. H. Ali Imron, S.H. yang juga Hakim Tinggi PTA Pontianak melaporkan bahwa Peserta Rakor  adalah Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretais Pengadilan Agama se-Kalimantan Barat, berjumlah 44 peserta dan PTA Pontianak terdiri dari Pimpinan Hakim Tinggi dan Pejabat Kepaniteraan dan Pejabat Kesekretariatan.

-     Peserta Bimtek terdiri dari:

  1. Bimbingan Teknis Yustisialterdiri dariKetua, Wakil Ketua,Hakim Pengadilan Agama se-Kalimantan Baratberjumlah 53 peserta dan PTA Pontianak terdiri dari Hakim Tinggi PTA Pontianak.
  2. Bimbingan Teknis Kepaniteraan pesertanya adalah Panitera PA se-Kalimantan Barat berjumlah 11 peserta dan PTA Pontianak terdiri dari Pejabat Kepaniteraan.
  3. Bimbingan Teknis Kesekretariatan secara ofline dan online terdiri dariSekretaris PA se-Kalimantan Barat berjumlah 11 peserta secara offline, Kasubbag Umum dan Keuangaan, Bendahara dan Pengelola DIPA secara   online dan PTA Pontianak terdiri dari Pejabat Kesekretariatan, Bendahara dan Pengelola DIPA

Kegiatan Rakor yang mengusung tema “Peningkatan Kinerja Pengadilan Agama Se-Kalimantan Barat Menuju Peradilan Modern”. Pada arahannya Dr. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H., menyampaikan bahwa setiap pulang dari PTA Pontianak harus ada yang dibawa yaitu ilmu. Bekerja harus profesional, syarat profesional harus mempuyai knowledge cukup dan skilnya harus ada. Beliau berharap mengunakan waktu secermat mungkin dengan memanfaatkan Rakor dan Bimtek sebaik mungkin dan jaga protokol kesehatan. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja untuk mensukseskan kegiatan ini.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah :

  1. Menyamakan presepsi di bidang teknis Yustisial, Administrasi Yustisial dan Administrasi Non Yustisial.
  2. Menyusun kebijakan strategis perencanaan dan program kerja tahun 2022.
  3. Meningkatkan implementasi SIPP dan e-Court dalam mewujudkan peradilan yang modern.
  4. Meningkatkan pelayanan masyarakat pencari keadilan dan pengguna pengadilan.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh WKPA Mempawah H. Ahmad Fernandesz, S.Ag., M.Sy. Pembawa acara/MC pada pembukaan Rakor dan Bimtek.  Acara dilanjutkan dengan Evaluasi Kinerja Satker Tahun 2021. Hari pertama kegiatan ini dijadwalkan hingga pukul 21.30 WIB( Hestiy)

(Disadur dari : http://pta-pontianak.go.id/berita/berita-terkini/927-ketua-pta-pontianak-membuka-secara-resmi-kegiatan-rakor-dan-bimtek)