header pampwoke 2

Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Mempawah Kelas I.B || Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramdhan 1440 H / 2019 M  || Jam Kerja Selama Bulan Puasa, Senin : Pukul 08.00 - 15.00 Wib, Istirahat Pukul 12.00 - 13.00 Wib, Jum'at : Pukul 08.00 - 15.30 Wib, Istirahat Pukul 12.00 - 13.00 Wib..

Menjadi salah satu progam prioritas, Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan peradilan agama merupakan upaya Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama

ZONA INTEGRITAS (ZI)

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan 7 (tujuh) program prioritas.Ketujuh program prioritas tersebut yaitu : Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Pelayanan Informasi Melalui Website Pengadilan, Penyelesaian Perkara Tepat Waktu, Minutasi dalam Satu Hari (One Day Minutation), Publikasi Putusan dalam Satu Hari (One Day Publish), Administrasi Perkara Secara Elektronik (e-Court) dan Implementasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP).

PROGRAM PRIORITAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.

WHISTLEBLOWING

              

  

Hakim PA Mempawah Ikuti Rukyatul Hilal Di Pantai Rayyana

Written by adm pa. Posted in Berita Pengadilan Agama Mempawah

Written by adm pa. Hits: 101Posted in Berita Pengadilan Agama Mempawah

isbat rukya
Prosesi melihat hilal di Pantai Rayyana - Sekubang
 

Mempawah - Memasuki bulan Ramadhan, kegiatan yang wajib dilaksanakan adalah rukyatul hilal atau melihat munculnya bulan baru. Dari rukyatul hilal ini, nantinya akan dilaporkan ke Menteri Agama di Jakarta untuk dijadikan landasan penentuan awal bulan Ramadhan.

 

Tak terkecuali di Kabupaten Mempawah, kegiatan rukyatul hilal ini juga dilaksanakan oleh Kementrian Agama Kab. Mempawah. Adapun lokasi kegiatan rukyatul hilal ini dilaksankan di Pantai Rayyana, Sekubang, Depan Kampus II Pondok Pesantren Daarussalam.

 

Salah satu Hakim Pengadilan Agama Mempawah, Taufik Rahayu Syam, SHI, MSI turut hadir dalam kegiatan rukyatul hilal tersebut. Menurutnya, kegiatan rukyat ini sangat penting dilaksanakan dan peran Pengadilan Agama dalam kegiatan rukyat ini untuk menyumpah perukuat yang benar-benar melihat hilal.

  

"Alhamdulilah kami dari PA Mempawah, bisa ikut hadir dalam kegiatan rukyatul hilal ini, sebagaimana kewenangan Pengadilan Agama untuk menyidangkan rukyatul hilal berupa penyumpahan perukyat yang benar-benar melihat hilal" jelasnya.

 

Berdasarkan perhitungan Badan Hisab Rukyat Kementrian Agama, tinggi hilal setelah matahari terbenam di seluruh Indonesia berkisar antara 4° sampai 5°. Tinggi hilal ini, sejatinya sudah bisa melihat bulan baru.

 

Dari hasil pengamatan Tim Rukyatul Hilal Kantor Kementrian Agama Kab. Mempawah, ternyata hilal tidak bisa terlihat, baik dengan mata telanjang maupun dengan alat teropong.  Menurut Taufik, kendala tidak terlihatnya hilal karena  langit tertutupi awan tebal dan cuaca dalam keadaan hujan. Hasil ini kemudian dilaporkan Tim Rukyatul Hilal Kementrian Agama Kabupaten Mempawah ke Kantor Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat.

 

Walaupun di Pantai Rayyana, hilal tidak terlihat, namun berdasarkan hasil sidang Isbat Kementrian Agama di Jakarta, di beberapa daerah sudah terlihat hilal, sehingga pemerintah melalui Kementrian Agama memutuskan awal puasa jatuh pada tanggal 06 Mei 2019.

Bantuan Hukum (Posbakum)

timbangan hukum png 1

Bagi Masyarakat yang kurang mampu dan memerlukan pendampingan di dalam proses berperkara dapat berkonsultasi kepada Pos Bantuan Hukum di Pengadilan Agama Mempawah secara Gratis. Selengkapnya

Pembebasan Biaya (Prodeo)

gratis 2

Layanan Perkara Prodeo ialah layanan berperkara secara Gratis bagi masyarakat kurang mampu, dengan kriteria di link berikut ini. Selengkapnya

Pelayanan Terpadu (PTSP)

ptsp 2

One Stop Service, Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Agama Mempawah berkomitmen untuk melayani secara Cepat, Mudah dan Sederhana. Selengkapnya