824 SUSUN NASKAH AKADEMIK JABATAN FUNGSIONAL PANITERA PENGGANTI PUSLITBANG KUMDIL MA SAMBANGI PA MEMPAWAH

Susun Naskah Akademik Jabatan Fungsional Panitera Pengganti, Puslitbang Kumdil MA Sambangi PA Mempawah

foto: suaana wawancara dengan Tim Peneliti Puslitbang Kumdil MA

 

Kabar Berita || www.pa-mempawah.go.id

Mempawah – Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Keadilan (Puslitbang Kumdil) Mahkamah Agung rupanya sedang mempersiapkan naskah akademik terkait Pembentukan Jabatan Fungsional Panitera Pengganti. Naskah akademik ini sangat penting untuk dibentuknya aturan terkait kedudukan Panitera Pengganti.

Berdasarkan Keterangan Panitera PA Mempawah Renny Susanti, S.Ag, dibentuknya naskah akademik ini untuk memenuhi Permenpan RB Nomor 26 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Pranata Peradilan, saat ini terdapat 180 Jabatan fungsional di lingkungan Mahkamah Agung RI. Namun Panitera Pengganti belum termasuk didalam jabatan fungsional tersebut.

“Kalau dilihat dari Permenpan RB Nomor 26 Tahun 2019, jabatan fungsional yang ada kurang lebih ada 180, nah Panitera Pengganti ternyata belum masuk ke sana, dengan adanya naskah akademik ini harapanya jabatan Panitera Pengganti bisa dikukuhkan masuk kategori pejabat fungsional ” Terang Renny hari ini (01/07/2020).

Lebih jauh Renny menjelaskan, diantara konsekuensi dikukuhkannya Panitera Pengganti masuk rumpun jabatan fungsional adalah harus adanya angka kredit bagi masing-masing Panitera Pengganti. Seperti halnya guru, sebagai jabatan fungsional ia harus mengajar berapa mata pelajaran sehingga dia harus memenuhi kredit yang sudah ditentukan. Barang kali Panitera Pengganti juga kurang lebih seperti itu, bisa jadi Panitera Pengganti memiliki batas minimal berapa perkara yang harus dia tangani dan berapa lama menyelesaikan tugasnya.

Pada kesempatan tersebut, pejabat yang hadir dari Puslitbang Kumdil adalah Dr. Mul Irawan, S.Ag, M.Ag dan Tumbar Palti Daniel Hutapea, S.H, M.H. keduanya sebagai peneliti dan didampingi  Taufik Hidayat sebagai pengolah data.

Foto: Tim Peneliti berfose dengan Pimpinan dan Panitera Pengganti PA Mempawah

 

Dalam kegiatan itu, seluruh Panitera Pengganti didampingi Pimpinan PA Mempawah menghadiri acara tersebut. Pada kesempatan itu, Tim Peneliti melakukan wawancara mendalam dengan seluruh Panitera Pengganti,  disamping itu mereka juga diharuskan mengisi kuesioner dari tim Peneliti.

Terkait kegiatan Puslitbang ini, Juriah Wati, S.E.I sebagai Panitera Pengganti PA Mempawah menaruh harapan tekait naskah akademik ini.

Saya sebagai Panitera Pengganti, menaruh harapan yang besar, semoga pembentukan Jabatan Fungsional Panitera Pengganti ini memberikan manfaat positif buat kami dan bisa memberikan arah karir yang jelas” Terang Panitera Pengganti asal Pontianak ini.  (TRS)