756 IMPLEMENTASIKAN ONE DAY PUBLISH PUTUSAN PUN DIUPLOAD DARI LOKASI SIDANG KELILING

Arsip Berita

Implementasikan One Day Publish, Putusan pun diupload dari Lokasi Sidang Keliling

Foto: Balai Sidang Keliling PA Mempawah di Kabupaten Landak

Ngabang – Tuntutan percepatan kinerja mendorong Peradilan Agama meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan. Salah satu hal yang dijadikan program prioritas oleh Direktorat Jenderal Peradilan Agama (Ditjen Badilag) adalah diberlakukannya One Day Publish dan One Day Minutation. One Day Publish merupakan publikasi putusan. Perkara yang putus hari ini, putusannya wajib di upload pada hari itu juga ke Direktori Putusan Mahkamah Agung RI. Begitupula, proses minutasi berkas perkara wajib di selesaikan pada hari itu juga, sehingga berkas perkara yang sudah selesai di minutasi akan cepat tersimpan di rak Arsip perkara.

Pengadilan Agama Mempawah sebagai salah satu lembaga yang dinaungi Ditjen Badilag turut mengimplementasikan program One Day Publish dan One Day Minutation tersebut. Tak terkecuali ketika melaksanakan Sidang di Luar Gedung atau yang biasa disebut Sidang Keliling (Sikel). Apabila pengunggahan putusan biasa dilakukan di kantor karena fasilitas internet sudah tersedia, maka ketika sikel di luar gedung sedikit terkendala karena di lokasi sikel tidak tersedia jaringan internet. Namun hal itu tidak menyurutkan Pengadilan Agama Mempawah untuk mengimplementasikan One Day Publish dan One Day Minutastion. Untuk mengatasi hal tersebut, fasilitas modem internet seolah wajib tersedia ketika pelaksanaan sidang keliling.

Seperti halnya hari Rabu ini (26/02/2020), Majelis Hakim yang diketuai oleh Drs. H. Mahdi, S.H, M.H melaksanakan sidang keliling di Kota Ngabang - Kabupaten Landak. Sejumlah 7 (tujuh) perkara disidangkan di lokasi sidang keliling ini. Dari 7 (tujuh) perkara tersebut, tercatat 5 (lima) perkara berhasil di putus Majelis Hakim tersebut. Untuk mengimplementasikan One Day Publish dan One Day Minutation, mau tak mau perkara yang sudah putus tersebut wajib di upload pada hari itu juga, kalau tidak, maka nilai raport SIPP Pengadilan Agama Mempawah terancam turun.  

Walaupun ini sidang keliling, perjalanan kami dari Mempawah ke sini (Ngabang) menempuh waktu 6 jam Pulang Pergi, tapi karena ini merupakan tuntutan kinerja, maka mau tak mau kami pada hari ini, di lokasi sikel ini, harus membuat Putusan dan BAS dan menguploadnya ke SIPP, akhirnya berkat kerjasama yang baik dengan Tim lainnya, kita bisa melakukannya walau ketika sidang keliling” Tutur H. Mahdi yang juga menjabat Wakil Ketua Pengadilan Agama Mempawah.

Dengan adanya program one day publish ini, diharapkan bisa memberikan pelayanan yang lebih prima bagi masyarakat pencari keadilan, karena para pihak bisa langsung melihat putusan yang hari ini dibacakan di Direktori Putusan Mahamah Agung RI. (TRS)