721 PERCERAIAN DOMINASI PERKARA DI PENGADILAN AGAMA MEMPAWAH

Arsip Berita

Perceraian Dominasi Perkara di Pengadilan Agama Mempawah

Foto: Ilustrasi perceraian

Mempawah | www.pa-mempawah.go.id

Laporan Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2019 Pengadilan Agama (PA) Mempawah baru saja di release. Di dalamnya, terdapat data-data tentang perkara yang ditangani PA Mempawah selama tahun 2019.

Dalam Laporan tersebut, tercatat jumlah perkara yang masuk pada tahun 2019 sebanyak 667 perkara yang terdiri 402 jenis perkara gugatan dan 265 jenis perkara permohonan. Untuk jenis perkara sendiri, perkara perceraian masih mendominasi penanganan perkara di Pengadilan Agama Mempawah yaitu sebanyak 391 perkara yang terdiri dari 318 perkara cerai gugat (isteri yang mengajukan) dan sebanyak 73 perkara ceai talak (suami yang mengajukan).

Menurut Panitera Pengadilan Agama Mempawah Renny Susanti, S.Ag, dari dua kabupaten yang menjadi yursidiksi Pengadilan Agama Mempawah, sebanyak 344 perkara berasal dari Kabupaten Mempawah  dan sebanyak 47 perkara dari Kabupaten Landak.

“Untuk perkara perceraian, memang yang paling banyak mengajukan itu dari Kabupate Mempawah sebanyak 344 perkara dan sisanya yaitu sebanyak 47 perkara berasak dari Kabupaten Landak” Cetus alumni IAIN Pontianak ini.

Pada tahun 2019 yang lalu, dari total 447 perkara perceraian yang telah di putus oleh Majelis Hakim Pengadilan Agama Mempawah pada tahun 2019,  sebanyak 375 perkara diputus Kabul, 2 perkara di tolak, 7 perkara tidak diterima (NO), 3 perkara gugur dan 7 perkara dicoret dari register. (TRS)