697 SETELAH KETUA PTA PONTIANAK KINI GILIRAN WAKIL PTA PONTIANAK KUNJUNGI PA MEMPAWAH

Setelah Ketua PTA Pontianak, Kini Giliran Wakil PTA Pontianak Kunjungi PA Mempawah

 

Wakil Ketua PTA Pontianak & isteri (tengah) beserta seluruh pegawai PA Mempawah

Mempawah | www.pa-mempawah.go.id

Tepat seminggu yang lalu atau hari Senin kemarin (02/12), Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Pontianak Dr. H. Firdaus Muhamad Arwan mengunjungi Pengadilan Agama (PA) Mempawah. Kini giliran Wakil Ketua PTA Pontianak Drs. M Shaleh, M.Hum mengunjungi PA Mempawah dalam rangka pembinaan. Kalau sebelumnya Dr. H. Firdaus Muhamad Arwan mengaku hanya sekalian lewat saja karena tujuan utamanya ke Kabupaten Sambas. Kini kedatangan Drs. M Shaleh, M.Hum memang telah dijadwalkan.

walaupun bapak Ketua PTA, minggu kemarin (02/12/2019) sudah berkunjung kesini, tapi saya tetap diperintahkan beliau untuk berkunjung kesini memberikan pembinaan di PA Mempawah” Sebut mantan Wakil Ketua PTA Palu tersebut.

Orang nomor dua di PTA Pontianak tersebut sempat melihat-lihat ruangan dan fasilitas yang ada di PA Mempawah. Disamping itu ia berbicara panjang lebar tentang konsep manajmen Peradilan.  Total hampir 3 (tiga) jam penuh Drs. M Shaleh, M.Hum berbicara dihadapan seluruh pegawai PA Mempawah.

Dari sekian banyak materi yang disampaikan, beliau banyak memberikan wejangan seputar karakteristik seorang pegawai yang baik. Menurutnya, kinerja ASN masuk dalam dunia birokrasi, sehingga seorang pegawai yang ada dalam sistem birokrasi harus memiliki dua hal yaitu Disiplin dan Loyalitas.

Menurutnya, Disiplin merupakan kepatuhan untuk melaksankan seluruh aturan yang telah digariskan. Sedangkan Loyalitas merupakan sikap setia yang menunjukan dukungan untuk melaksankan kebijakan yang telah digariskan. Bagi seorang aparatur Peradilan Agama, sikap disiplin dan loyalitas dapat menggerakan roda organisasi. Tanpa dua pilar itu, sulit untuk mencapai tujuan yang telah digariskan. Terkait pelayanan Publik, ia pun menyinggung terkait slogan 3 A.

“Dalam hal pelayanan publik, kita harus memiliki karakter 3A, apa itu? Attitude, Attention dan Action” Jekasnya.

Attitude merupakan sikap dan tingkah laku seseorang ketika berinteraksi dengan orang lain. Adapun Attention merupakan perhatian seseorang terkait hal-hal yang diajukan. Sedangkan Action adalah bagaimana cara keluhan-keluhan para pihak tersebut dapat kita kerjakan dengan mencari solusinya.

Tidak sampai disana, beliaupun mengingatkan seluruh Pegawai tanpa terkecuali untuk selalu menjaga sinergitas. Karena dengan adanya sinergitas ini bisa memudahkan organisasi dalam mencapai tujuan secara bersama-sama.

Utamanya dalam kinerja kita sehari-hari, harus selalu dipupuk Sinergitas antar sesama pegawai. Caranya bagimana? Sedikitnya ada 3 hal, yaitu Koordinasi, Integrasi dan Singkronisasi” Tegasnya.

Pembinaan dari Yang Mulia Wakil Ketua PTA Pontianak ini sendiri hanya dijadwalkan satu hari saja yaitu hari Senin Kemarin. Selepas dari PA Mempawah, rencananya Wakil Ketua PTA Pontianak dan rombongan akan lanjut ke Pengadilan Agama berikutnya yaitu PA Bengkayang. (TRS)