673 KETUA PA MEMPAWAH IKUTI BIMTEK DI KEMENLU

Arsip Berita

Ketua PA Mempawah Ikuti Bimtek di Kemenlu

Ketua PA Mempawah (yang dilingkari) mengikuti Bimtek di Kemenlu

 

Mempawah | www.pa-mempawah.go.id

Banyaknya permasalahan yang menimpa Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri, membuat Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) menginisiasi terselenggaranya Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para pemangku kepentingan daerah. Tidak ketinggalan, Ketua Pengadilan Agama (PA) Mempawah Dra. Hj. Taslimah, M.H. turut diundang untuk mengikuti Bimtek tersebut.

Dalam surat dari Kemenlu RI yang ditujukan untuk Ketua PA Mempawah, termaktub tujuan utama kegiatan tersebut yakni memberikan pemahaman dan bimbingan teknis kepada petugas lapangan di institusi terkait di daerah, khususnya dalam hal penyelesaian penanganan permasalahan WNI selain itu kegiatan ini dimaksudkan untuk mendiskusikan dan sharing best practices penanganan kasus di daerah termasuk upaya pencegahan munculnya masalah bagi WNI di luar negeri.

Di Pengadilan Agama Mempawah sendiri, tidak sedikit kasus-kasus yang ditangani karena mendapatkan persoalan ketika mereka berada di luar negeri. Sebagimana yang kita ketahui, Kabupaten Mempawah sendiri cukup dekat dengan perbatasan Malaysia (kabupaten Sambas) sehingga warga tidak sedikit yang menjadi TKI di Malaysia. Ketika bekerja di negeri jiran tersebut tidak sedikit WNI menikah, bercerai bahkan meninggal disana. Dari persitiwa tersebut sedikit banyaknya berimbas terhadap status pernikahan mereka lebih-lebih terkait persoalan kewarisan akibat pernikahan tidak tercatat ataupun akibat kematian di luar negeri tersebut. Persoalan-persoalan tersebut nampaknya yang akan dibedah dalam kegiatan tersebut.

Bimbingan Teknis ini sendiri dilaksanakan di Hotel Swiss-Belhotel Balikpapan Kalimantan Timur dan kegiatan ini rencana akan digelar dari tanggal 17 sampai 22 Nopember 2019. (TRS)