PELETAKAN BATU PERTAMA PENGADILAN NEGERI PANGKALAN BALAI OLEH KETUA MAHKAMAH AGUNG

Banyuasin – Humas : Disela – sela Kunjungan Kerja ke Palembang, Ketua Mahkamah Agung Dr. M. Syarifuddin, SH., MH melakukan peletakkan batu pertama Pengadilan Negeri Pangkalan Balai, pada hari Kamis, 12/11/2020, bertempat di komplek administrasi pemerintahan kabupaten Banyuasin.

Dalam sambutannya, Dr. M.Syarifuddin, SH., MH mengatakan pembangunan   gedung   Pengadilan   Negeri Pangkalan  Balai  ini  merupakan  tindak  lanjut  dari pembentukan   85   pengadilan   baru   berdasarkan Keputusan   Presiden   Nomor   13   sampai   dengan Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pembentukan Pengadilan Baru   yang   pengoperasiannya   telah diresmikan dua tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 22 Oktober 2018 di Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Lebih lanjut, Ketua MA berpesan  agar dalam proses pembangunannya nanti senantiasa memperhatikan  konsep  dan  perencanaan  bagi  tata ruang  kerja  dan  tata  ruang  pelayanan  agar  bisa memenuhi  kebutuhan  bagi  para  pencari  keadilan sesuai  dengan  situasi  dan  kondisi  pada  saat  ini, terutama  dalam  hal  pemenuhan  kebutuhan  bagi penyandang disabilitas   dalam   proses   peradilan sesuai yang diamatkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun  2020  tentang Akomodasi  Yang Layak Untuk Penyandang Disabilitas Dalam Proses Peradilan.

Pembentukan  pengadilan  baru  adalah  upaya yang  dilakukan  Mahkamah  Agung  dalam  rangka mendekatkan  diri  kepada  para  pencari  keadilan, sehingga  pelayanan  hukum  bisa  diperoleh  secara lebih cepat,mudah dan murah dengan menempatkan  lokasi  pengadilan  tidak  terlalu  jauh dengan lokasi domisili para pencari keadilan, ucap mantan Ketua Badan Pengawasan.

Gedung Pengadilan Negeri Pangkalan Balai ini dibangun di atas  lahan  seluas 4.452  M2  dengan  menggunakan anggaran  APBN  sebesar  Rp21.552.000.000  dan diperkirakan  pembangunannya  akan  selesai  pada tahun 2021.

Acara peletakan batu pertama, juga dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Ketua Kamar Pembinaan, Hakim Agung Prof. Surya Jaya, Bupati Banyuasin serta para unsur muspida daerah Kabupaten Banyuasin serta tetap menerapkan protokol kesehatan. (Humas)

Prosedur Berperkara

Pengadilan Agama Mempawah memberikan petunjuk bagi masyarakat pencari keadilan untuk mengajukan perkaranya ke Pengadilan. Dalam penjelasan ini, anda akan menerima penjelasan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan manakala akan mendaftarkan perkaranya di Pengadilan Agama Mempawah

Lebih Lanjut

Artikel Hukum

Kolom artikel ini umumnya ditulis oleh para Hakim ataupun aparatur di lingkungan Peradilan Agama. Banyak tema-tema penting dan menarik yang disajikan oleh para penulisnya. Kebanyakan tema yang ditulis adalah seputar dunia hukum dan peradilan, khususnya tema-tema yang berkaitan dengan kewenangan Peradilan Agama di Indonesia. Selamat membaca.

Lebih Lanjut

Mahkamah Agung RI on Live Broadcasts

Sajian Live Streaming oleh akun resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam berbagai event resmi kenegaraan dapat disaksikan secara faktul dan aktual. Sebuah fakta yang memang dianggap penting dan harus segera disampaikan pada para pencari keadilan.

Lebih Lanjut

e-Court Mahkamah Agung Republik Indonesia

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar (saat ini dikhususkan bagi Advokat) untuk pendaftaran perkara, mendapatkan taksiran panjar biaya perkara dan pembayaran secara online serta pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Lebih Lanjut


Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?

Typography Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu

ColorsSebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Mempawah memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara dan Sidang di Luar Gedung Pengadilan.

Selanjutnya

Kemudahan Informasi

Typography Bagaimana cara anda mengetahui proses berlangsungnya perkara yang anda lakukan di Pengadilan Agama Mempawah saat ini sudah berada di ujung jari-jari anda sendiri, kemudahan itu kami berikan sebagai bentuk transparansi badan peradilan. Silahkan akses Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Anda...

Selanjutnya