KETUA MAHKAMAH AGUNG RESMIKAN RUANG PTSP, PTSP ONLINE, BANK DATA, CALL CENTER DAN APLIKASI VISION PADA DIREKTORAT JENDERAL BADAN PERADILAN AGAMA

Logo MA RI

Jakarta – Humas : Ketua Mahkamah Agung Dr. H.M Syarifuddin, SH.,MH meresmikan ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), PTSP online, Bank Data, Call Center dan Aplikasi Vision pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama pada hari ini, Selasa (28/7/2020) bertempat diruang Badilag Command Center Lt 7 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Jakarta.

Dalam sambutannya, Ketua mahkamah Agung mengatakan bahwa peresmian yang dilakukan oleh Badan Peradilan Agama (badilag) ini merupakan suatu bukti dimana ada tantangan, maka disana ada semangat. Tantangan kita dimasa pandemic covid-19 yaitu mampu berkerja keras untuk membuat terobosan yang inovatif melaui IT.

PTSP on line Badilag salah satu prasyarat dalam Zona Integritas, sehingga dapat menunjukkan bahwa Informasi Teknologi (IT) dapat digunakan sebaik baiknya dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pencari keadilan. Saya berhadap agar IT dapat dimanfaatkan dengan baik dan menjadi perhatian yang besar bagi para ketua pengadilan tingkat Pertama dan tingkat Banding. Dengan IT yang baik, kita memberikan pembinaan dan pelayanan, sehingga kita dapat menyerap ilmu yang cepat dari pimpinan Mahkamah Agung di Jakarta, sedangkan kalua tidak peduli dengan IT, maka akan tertinggal / tergilas oleh perubahan zaman, tutur mantan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial.

Orang – orang yang berada dibelakang IT harus mempunyai kemampuan dan keinginan untuk memberikan pelayanan yang cepat kepada para pencari keadilan, jika orang –orang dibelakang IT tidak mempunyai keinginan memberikan pelayanan yang cepat, maka PTSP on line tidak ada artinya sama sekali, ungkap Syarifuddin.

Terakhir, Ketua Mahkamah Agung mengajak seluruh aparatur peradilan untuk bersama sama satukan tekad, bulatkan niat dan satukan langkah bahwa kita bisa melakukan terobosan melalui IT dengan cepat dan tepat.

Selesai acara peresmian, Ketua Mahkamah Agung beserta para pimpinan MA meninjau dan melihat langsung ruang PTSP dan Call Center yang berada dilantai 9 gedung Sekretariat Mahkamah Agung Jakarta. Acara yang berlangsung diBadilag Command Cente ini dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, para Ketua Kamar pada Mahkamah Agung, pejabat Eselon I Mahkamah Agung dan para ketua pengadilan agama tingkat pertama dan banding melalui zoom meeting. (Humas)

Prosedur Berperkara

Pengadilan Agama Mempawah memberikan petunjuk bagi masyarakat pencari keadilan untuk mengajukan perkaranya ke Pengadilan. Dalam penjelasan ini, anda akan menerima penjelasan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan manakala akan mendaftarkan perkaranya di Pengadilan Agama Mempawah

Lebih Lanjut

Artikel Hukum

Kolom artikel ini umumnya ditulis oleh para Hakim ataupun aparatur di lingkungan Peradilan Agama. Banyak tema-tema penting dan menarik yang disajikan oleh para penulisnya. Kebanyakan tema yang ditulis adalah seputar dunia hukum dan peradilan, khususnya tema-tema yang berkaitan dengan kewenangan Peradilan Agama di Indonesia. Selamat membaca.

Lebih Lanjut

Mahkamah Agung RI on Live Broadcasts

Sajian Live Streaming oleh akun resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam berbagai event resmi kenegaraan dapat disaksikan secara faktul dan aktual. Sebuah fakta yang memang dianggap penting dan harus segera disampaikan pada para pencari keadilan.

Lebih Lanjut

e-Court Mahkamah Agung Republik Indonesia

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar (saat ini dikhususkan bagi Advokat) untuk pendaftaran perkara, mendapatkan taksiran panjar biaya perkara dan pembayaran secara online serta pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Lebih Lanjut


Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?

Typography Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu

ColorsSebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Mempawah memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara dan Sidang di Luar Gedung Pengadilan.

Selanjutnya

Kemudahan Informasi

Typography Bagaimana cara anda mengetahui proses berlangsungnya perkara yang anda lakukan di Pengadilan Agama Mempawah saat ini sudah berada di ujung jari-jari anda sendiri, kemudahan itu kami berikan sebagai bentuk transparansi badan peradilan. Silahkan akses Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Anda...

Selanjutnya