KETUA KAMAR PERDATA MEMBUKA ACARA PENGEMBANGAN APLIKASI E-COURT FITUR UPAYA HUKUM DI WILAYAH YOGYAKARTA VIA VIRTUAL

Logo MA RI

Jakarta – Humas : Ketua Kamar Perdata Mahkamah Agung I Gusti Agung Sumanatha,SH.,MH, didampingi oleh Sekretaris Mahkamah Agung A. S. Pudjoharsoyo, SH.,M.Hum dan Kepala Biro Hukum dan Humas Dr. Abdullah, SH.,M.S membuka acara pengembangan aplikasi e-cort upaya hukum diwilayah Yogyakarta secara virtual, pada hari Selasa (14/7/2020), bertempat di Command Center Mahkamah Agung.

Dalam sambutannya, Ketua Kamar Perdata mengatakan, Meskipun dalam suasana Covid - 19, tidak  menyurutkan Mahkamah Agung untuk tetap meningkatkan kuantitas dan kualitas kinerja, sehingga terus berkarya mewujudkan visi dan misi dengan melakukan adaptasi  berlangsungnya revolusi industry 4.0. Dan dalam rangka mewujudkan peradilan secara elektronik, Mahkamah Agung secara konsisten dan continue mengembangkan system dan aplikasi untuk mewujudkan amanat konstitusi yaitu peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2019 tetang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik, yang kemudian ditindaklanjuti dengan  Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 271/KMA/SK/XII/2019  tanggal 31 Desember 2019 tentang Petunjuk Teknis Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Tingkat Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali Secara Elektronik, merupakan bukti konkrit komitmen Mahkamah Agung  melakukan percepatan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, tutur Ketua Kamar Perdata.

Terjadinya wabah COVID-19, berpengaruh pada semua aspek kehidupan, termasuk terjadinya pelambatan upaya pembuatan aplikasi upaya hukum banding, kasasi dan Peninjauan Kembali. Adanya pelambatan tersebut  Ketua Mahkamah Agung RI terus mendorong agar terjadi percepatan, sehingga dalam rapat pada tanggal 3 Juli 2020 menargetkan penyelesaian Pengembangan Aplikasi eCourt fitur Upaya Hukum Tingkat Banding Secara Elektronik, ujar I Gusti Agung Sumanatha.

Diakhir sambutan, Ketua Kamar Perdata mengatakan dengan adanya pelaksanaan secara intensif dapat mempercepat penyelesaian aplikasi sehingga segera difungsikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya masyarakat pencari keadilan.

Acara pengembangan aplikasi e-cort upaya hukum diwilayah Yogyakarta secara virtual ini diikuti oleh Ketua Tim Pokja Kemudahan Berusaha, Dirjen Badilum, Ketua Pengadilan Tinggi Pakanbaru, Bengkulu, Yogyakarta, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta, Kepala Biro Perencanaan, dan para Ketua Pengadilan Negeri. (Humas)

 

Prosedur Berperkara

Pengadilan Agama Mempawah memberikan petunjuk bagi masyarakat pencari keadilan untuk mengajukan perkaranya ke Pengadilan. Dalam penjelasan ini, anda akan menerima penjelasan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan manakala akan mendaftarkan perkaranya di Pengadilan Agama Mempawah

Lebih Lanjut

Artikel Hukum

Kolom artikel ini umumnya ditulis oleh para Hakim ataupun aparatur di lingkungan Peradilan Agama. Banyak tema-tema penting dan menarik yang disajikan oleh para penulisnya. Kebanyakan tema yang ditulis adalah seputar dunia hukum dan peradilan, khususnya tema-tema yang berkaitan dengan kewenangan Peradilan Agama di Indonesia. Selamat membaca.

Lebih Lanjut

Mahkamah Agung RI on Live Broadcasts

Sajian Live Streaming oleh akun resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam berbagai event resmi kenegaraan dapat disaksikan secara faktul dan aktual. Sebuah fakta yang memang dianggap penting dan harus segera disampaikan pada para pencari keadilan.

Lebih Lanjut

e-Court Mahkamah Agung Republik Indonesia

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar (saat ini dikhususkan bagi Advokat) untuk pendaftaran perkara, mendapatkan taksiran panjar biaya perkara dan pembayaran secara online serta pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Lebih Lanjut


Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?

Typography Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu

ColorsSebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Mempawah memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara dan Sidang di Luar Gedung Pengadilan.

Selanjutnya

Kemudahan Informasi

Typography Bagaimana cara anda mengetahui proses berlangsungnya perkara yang anda lakukan di Pengadilan Agama Mempawah saat ini sudah berada di ujung jari-jari anda sendiri, kemudahan itu kami berikan sebagai bentuk transparansi badan peradilan. Silahkan akses Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Anda...

Selanjutnya