PENGADILAN AGAMA MEMPAWAH KELAS I-B

Jl. Raden Kusno No. 39, Mempawah, Telp / Fax. (0561) 691430 / 6693041, E-Mail. pa-mempawah@gmail.com

              

  

Pilkada dan Netralitas ASN PA Mempawah

MEMPAWAH | www.pa-mempawah.go.id

Pilkada serentak tahun 2018 yang dilakukan di berbagai daerah baru saja usai dilaksanakan, namun suasana pesta demokrasi masih terasa. Sebagian warga negara Indonesia turut berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya untuk memilih kepala daerah yang dapat menentukan pertumbuhan dan perkembangan daerahnya. Tidak terkecuali ASN PA Mempawah.

ASN merupakan bagian dari warga negara yang memiliki hak untuk berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat sebagaimana diatur dalam UUD tahun 1945 pasal 28E ayat 3, selain itu dalam Pasal 23(1) UU No.39 tahun 1999 tentang HAM, juga dijelaskan bahwa Setiap orang bebas untuk memilih dan mempunyai keyakinan politiknya. Akan tetapi, di sisi lain menurut kode etik dan perilaku ASN, ASN diharuskan untuk netral dan dilarang untuk berpihak kepada salah satu calon pasangan.

Dalam PP No.53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, Pasal 4 ayat (15), disebutkan bahwa PNS dilarang memberikan dukungan kepada calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, dengan cara: a. terlibat dalam kegiatan kampanye untuk mendukung calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah; b. menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatan dalam kegiatan kampanye; c. membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye; d. mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye meliputi pertemuan, ajakan, imbauan, seruan, atau pemberian barang kepada PNS dalam lingkungan unit kerjanya, anggota keluarga, dan masyarakat.

Netralitas ASN bukan untuk menghalangi hak asasi ASN, akan tetapi untuk menjaga persatuan bangsa yang merupakan peran ASN sebagai pemersatu bangsa, sehingga ASN dapat lebih fokus terhadap perannya dalam melayani masyarakat.

Bagaimanakah bentuk kenetralitasan ASN dalam menghadapi hal tersebut?

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN memang tak melarang pegawai negeri menggunakan suaranya pada pemilu. Mereka hanya diwajibkan menjaga netralitas dan tidak berpihak terhadap parpol atau kepentingan politik tertentu. Menurut Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) RI, ASN dapat mengikuti kampanye dan menggunakan hak pilihnya dalam pilkada 2018 dan pemilu 2018. Akan tetapi ada batasannya. ASN boleh mengikuti kampanye hanya sekedar untuk mengetahui visi misi para kandidat. Selain itu, ASN boleh memihak para kandidat hanya dari bilik dan kotak suara saja.

Lalu bagaimana jika ASN terlibat dalam politik praktis?

Menurut UU ASN dijelaskan bahwa apabila ASN terlibat dalam politik praktis, maka akan mendapatkan sanksi mulai dari surat teguran hingga pemberhentian dari jabatan. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik, seorang ASN harus ikut berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya jika peduli dengan program pemerintah, yakni meningkatkan tingkat partisipasi dalam pilkada dan pemilu.

Pada pilkada tahun ini, para ASN PA Mempawah yang beralamat di Kalimantan Barat atau Mempawah ikut berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya dalam memilih calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Kalimantan Barat serta calon Bupati/walikota dan Wakil Bupati/walikota. Rabu (27/06/2018), para ASN PA Mempawah bersama keluarga berbondong-bondong ke TPS di daerahnya untuk menggunakan hak pilihnya. Pelaksanaan pilkada berlangsung tertib dan damai. Para ASN PA Mempawah berharap agar kepala daerah yang terpilih dapat menjaga amanahnya untuk membangun Kalimantan Barat agar dapat berkembang lebih baik lagi. Sebagai pelaksana kebijakan publik, para ASN PA Mempawah juga akan mendukung program pemerintah untuk mencapai Kalimantan Barat yang lebih baik. (Nisa)

Pilih Bahasa

enarhyazbgzh-CNnltlfrdeiwhuisiditmsesth

Pimpinan.

Dra. Hj. Taslimah, M.H

Wakil Ketua

Link Terkait

Polling Pendapat

Apakah Web ini sudah memenuhi kebutuhan informasi anda?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:

Pengunjung Online

255119
Hari iniHari ini19
KemarinKemarin245
Minggu iniMinggu ini549
Bulan iniBulan ini3386
Total PengunjungTotal Pengunjung255119

Galeri Kegiatan.

Pesan Peradilan.