PENGADILAN AGAMA MEMPAWAH KELAS I-B

Jl. Raden Kusno No. 39, Mempawah, Telp / Fax. (0561) 691430 / 6693041, E-Mail. pa-mempawah@gmail.com

              

  

Home

Memperingati Hari Ulang Tahun MA Ke-73, PA dan PN Mempawah Melaksanakan Upacara, Lomba serta Potong Tumpeng Dan Kue di PN Mempawah

MEMPAWAH | www.pa-mempawah.go.id

Foto bersama para pegawai PA dan PN Mempawah

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun MA ke-73 yang bertepatan pada hari Minggu, 19 Agustus 2018, seluruh karyawan PA dan PN Mempawah mengadakan upacara di lapangan PN Mempawah. pelaksanaan upacara pada tahun ini tampak berbeda. Seluruh peserta upacara mengenakan pakaian olahraga. Hal ini bukanlah tanpa alasan. Kita menyadari bahwa dengan berolahraga, maka tubuh menjadi sehat, dan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Oleh karena itu, sebagai aparatur lembaga peradilan, kita harus tetap prima dan tangguh kesehatannya dalam menghadapi berbagai tantangan dan problematika yang akhir-akhir ini banyak menjadi sorotan publik.

Upacara gabungan ini dipimpin oleh Ketua PN Mempawah Hasanudin, SH. MH sebagai Inspektur Upacara. Dalam amanatnya, Inspektur upacara membacakan Amanat Ketua Mahkamah Agung RI pada Hari Jadi Mahkamah Agung RI Ke-73 yang bertemakan “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”.

 

Prosesi pelaksanaan upacara di lapangan Pengadilan Negeri Mempawah

Dalam amanat tersebut disampaikan bahwa seiring dengan massifnya informasi yang sampai ke publik, menjadikan tuntutan masyarakat terhadap layanan yang diberikan lembaga peradilan semakin meningkat. Oleh karena itu, lembaga peradilan dituntut untuk menciptakan peradilan yang efektif dan efisien.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, MA mendorong pemanfaatan teknologi informasi sebagai bagian dari modernisasi lembaga peradilan yang dapat membantu mengatasi segala hambatan dan rintangan demi tercapainya peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan. Penerapan TI diyakini memberikan keuntungan dari segi kecepatan, konsistensi, ketepatan, dan keandalan.

Salah satu terobosan terpenting dalam bidang administrasi perkara adalah pemanfaatan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) versi 3.2.0 yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Administrasi Perkara (SIAP) MA dan Direktori Putusan. Selain itu, pada tanggal 4 April 2018, MA melakukan lompatan besar di bidang transformasi teknologi dengan menerbitkan Perma Nomor 3 tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik. Perma tersebut memberikan payung hukum bagi implementasi aplikasi e-court dengan tiga fitur utama yaitu pendaftaran perkara (e-filing), pembayaran panjar uang perkara (e-payment), dan penyampaian pemberitahuan dan pemanggilan persidangan secara elektronik (e-summons). Kebijakan ini juga menyediakan payung hukum untuk dimulainya persidangan secara elektronik (e-litigation) dengan memperkenalkan proses jawab jinawab secara elektronik. Diharapkan dengan adanya inovasi di bidang TI ini, mampu menunjang pelaksanaan tugas peradilan secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Para Pegawai PA dan PN sedang mengikuti perlombaan usai upacara

Setelah pelaksanaan upacara selesai, dilanjutkan dengan perlombaan, diantaranya lomba bawa balon, lomba bawa kelereng dengan sendok, dan lomba makan kerupuk. Acara perlombaan berlangsung dengan penuh keseruan dan sportifitas, sehingga dengan adanya perlombaan tersebut hubungan antara pegawai PA dan PN semakin akrab dan hangat.

Pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun serta pembagian hadiah bagi pemenang

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun oleh KPA dan KPN Mempawah, serta pembagian hadiah pemenang lomba yang telah dilaksanakan mulai 3 Agustus 2018. (Nisa)

Pilih Bahasa

enarhyazbgzh-CNnltlfrdeiwhuisiditmsesth

Pimpinan.

Dra. Hj. Taslimah, M.H

Wakil Ketua

Link Terkait

Polling Pendapat

Apakah Web ini sudah memenuhi kebutuhan informasi anda?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:

Pengunjung Online

254193
Hari iniHari ini115
KemarinKemarin156
Minggu iniMinggu ini764
Bulan iniBulan ini2460
Total PengunjungTotal Pengunjung254193

Galeri Kegiatan.

Pesan Peradilan.