Beranda

Ketua Pengadilan Agama Mengadakan Rapat Koordinasi Usai Mengikuti Pembinaan Bidang Teknis dan Administrasi Yudisial di Balikpapan

MEMPAWAH | www.pa-mempawah.go.id

Ketua PA Mempawah sedang menyampaikan materi rapat

Selasa (11/07/2018), Ketua Pengadilan Agama Mempawah mengadakan rapat koordinasi untuk menyampaikan hasil Rapat Koordinasi PTA Pontianak dan PA se-Kalbar yang dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2018 dan Pembinaan Bidang Teknis dan Administrasi Yudisial oleh Pimpinan Mahkamah Agung yang dilaksanakan di balikpapan pada tanggal 12-13 Juli 2018.

Berdasarkan hasil rakor PTA ada beberapa poin yang harus diperhatikan dan ditindaklanjuti oleh seluruh pegawai PA Mempawah, diantaranya adalah informasi mengenai PA Sungai Raya yang direncanakan segera beroperasi yang sebelumnya merupakan wilayah hukum PA Mempawah, pengiriman hardcopy dari pemecahan masalah yang sebelumnya telah dikirim masing-masing PA ke PTA, sumbangan PA untuk PTWP yang dilaksanakan di Bali pada bulan September, serta harapan PTA kepada PA yang mengikuti SAPM mendapatkan A excellent, dikarenakan PTA mampu mendapatkan nilai tersebut meskipun hanya dalam jangka 1 minggu. Selain itu, Waka PTA juga menghimbau agar ditambah sekretaris di masing-masing bidang, agar proses SAPM menjadi lebih mudah.

Menanggapi hal di atas, Panitera PA Mempawah mengusulkan agar jajaran PA Mempawah hendaknya berkoordinasi ke Pemda Kubu Raya perihal akan beroperasinya PA Sungai Raya yang berada di Kubu Raya. Akan tetapi, hal ini belum dapat ditindaklanjuti mengingat SK penetapan PA Sungai Raya yang belum pasti dari MA, sehingga PA Mempawah perlu menunggu kepastian dari MA terlebih dahulu agar dapat dijadikan landasan hukum. Selain itu, untuk mengantisipasi pelaksanaan sidang keliling yang akan segera berakhir pada bulan Agustus di Kubu Raya, maka sidang selanjutnya akan dilaksanakan di PA Mempawah.

Peserta Rapat serius mendengarkan pemaparan Ketua PA Mempawah

Sedangkan hasil dari Pembinaan Bidang Teknis dan Administrasi Yudisial oleh Pimpinan Mahkamah Agung ada beberapa poin yang dibahas diantaranya adalah pada perkara eksekusi/PK, apabila ada novum atka autentik, maka eksekusi harus ditunda. Selain itu, meja 1 harus lebih teliti ketika menerima surat kuasa atau surat gugatan, apakah telah memenuhi kriteria atau tidak. Hal ini bertujuan untuk memudahkan hakim ketika membuat putusan, untuk mencegah adanya kekeliruan data pihak yang berperkara.

Selain itu, dibahas pula, mengenai perkara ghoib yang cukup banyak diterima oleh PA Mempawah, hendaknya jangan dibebani atau diberikan kewajiban/hak-hak pasca perceraian. Salah satu hakim PA Mempawah juga mengusulkan agar persyaratan perkara ghoib agar diperketat lagi untuk mencegah adanya penyelewengan yang dilakukan oleh pihak yaitu dengan mencantumkan surat pernyataan ghoib dari Kepala Desa yang bersangkutan. Apabila perkara ghoib ditunda, maka dilakukan pemanggilan kembali dengan menempelkan panggilan di papan informasi PA selama 14 hari, sedangkan KPTA tetap melalui kantor bupati.

Rapat ini juga membahas mengenai biaya decente dan pemberian relaas. Jurusita harus tetap berusaha mencari rumah kepala desa yang bersangkutan, apabila kantor desa yang dituju tutup, hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa relaas benar-benar telah diterima oleh pihak yang bersangkutan.

Selain hal di atas, rapat ini juga menyampaikan poin-poin yang disampaikan oleh kepala Bawas mengenai hukuman disiplin bagi siapa saja yang melanggar aturan yang telah ditentukan, diantaranya sidang yang hanya terdiri dari 2 hakim dan ketua/sekretaris yang tidak melaksanakan upacara hari lahir pancasila yang lalu. Selain itu, MA juga memberikan apresiasi kepada PA Mempawah yang termasuk ke dalam salah satu PA yang telah menggunakan virtual account pada perkara PK yang baru dijalankan oleh beberapa pengadilan saja. (Nisa)

Pilih Bahasa

English Arabic Armenian Azerbaijani Bulgarian Chinese (Simplified) Dutch Filipino French German Hebrew Hungarian Icelandic Indonesian Italian Malay Spanish Thai

Pimpinan.

Dra. Hj. Taslimah, M.H

Wakil Ketua

Link Terkait

Polling Pendapat

Apakah Web ini sudah memenuhi kebutuhan informasi anda?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:

Pengunjung Online

249256
Hari iniHari ini54
KemarinKemarin184
Minggu iniMinggu ini238
Bulan iniBulan ini2857
Total PengunjungTotal Pengunjung249256

Galeri Kegiatan.

Pesan Peradilan.